KEGUNAAN TOEFL

Standard

(Test of English as a Foreign Language)
TOEFL adalah tes Bahasa Inggris yang ditujukan untuk; mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang untuk belajar & bekerja di luar negeri; menunjukkan kesiapan akademik seseorang; juta dirancang untuk menjadi standard yang obyektif dan tidak memihak sehingga siswa dapat membandingkan kemampuannya dengan adil.

TOEFL dibagi ke dalam tiga metoda :
1. pBt (Paper Base)
2. cBt (Computer Base)
3. iBt (Internet Base )

Tes TOEFL adalah merek dagang terdaftar dari Educational Testing Service (ETS) dan diberikan di seluruh dunia. Tes ini pertama kali diberikan pada tahun 1964 dan sejak itu telah diambil oleh lebih dari 23 juta siswa.

Tes ini awalnya dikembangkan di Pusat Linguistik Terapan dipimpin oleh ahli bahasa, Dr Charles A. Ferguson. Berbasis di Washington, DC, Pusat Linguistik Terapan (CAL) adalah sebuah organisasi nirlaba yang berkomitmen untuk meneliti hubungan antara bahasa dan budaya. Didirikan pada tahun 1959, direktur pertama adalah Charles A. Ferguson yang pernah diberikan program serupa di Timur Tengah di tahun 1921-1998 dan mengajar sebagai profesor di Universitas Harvard. Ferguson dipandu untuk mengembangkan solusi praktis untuk penerapan bahasa dan keprihatinan keaksaraan pemerintah internasional dan nasional.

Proyek awal Ferguson adalah untuk mengembangkan tes yang akan mengukur kemampuan berbahasa dimana bahasa Inggris merupakan bahasa kedua kepada mahasiswa dan pegawai pemerintah. Ferguson dan peneliti linguistik mengembangkan tes TOEFL selama lima tahun pertama.

Sejak akhir 1960-an, tes TOEFL telah dikelola oleh Educational Testing Service (ETS), sebuah lembaga standar pengujian internasional. Antara tahun 1964-2008, sebanyak 24 juta orang yang sebagian besar siswa internasional telah mengambil tes TOEFL.

Karena semakin sering kampus-kampus internasional menggunakan iBt maka kali ini yang dibahas yang iBt saja dulu. TOEFL berbasis internet (iBT) uji terdiri dari 4 bagian:
Ø Listening
Ø Reading
Ø Speaking
Ø Writing

Keempat bagian akan diujikan pada hari yang sama. Ujian diselesaikan dalam tempo waktu kurang lebih sekitar 4 jam.
Yang baru di iBt adalah peserta akan dimina untuk menggabungkan, atau mengintegrasikan lebih dari 1 keterampilan berbahasa yaitu:
• membaca sebuah artikel.
• mendengarkan ceramah singkat tentang topik artikel yang kita baca.
• berbicara atau menulis tanggapan terhadap apa yang kita baca dan dengarkan.

Hal ini dianggap sama apabila kita nantinya kuliah keluar negeri yaitu,
Membaca buku teori
Mendengarkan dosen menjelaskan mata kuliah
Menyampakan opini kita dan menuangkannya ke dalam tulisan demi tulisan.

REGISTRASI TOEFL
Saat ini sudah banyak lembaga pendidikan yang meimiliki otorisasi dari ETS (Lembaga di Amerika Serikat yang berwenang untuk pengaturan TOEFL, IELTS GRE dll). TS sendiri adalah salah satu contributor untuk sebuah lembaga pendidikan internasional yang telah puluhan tahun bergerak di bidang TOEFL, IELTS, GRE, GMAT PREPARATION dan Learning Overseas Consultant. So kalau mau Tanya lebih dalam lagi bisa PM TS, let’s discus more detail if necessary.

Mendaftar untuk tes TOEFL
Ketika Anda mendaftar untuk tes ini, sebaiknya kita melihat dulu berapa standard minimum TOEFL yang diminta kampus. Sehingga ini dapat membuat anda fokus mendapatkan goal yang komprehensif dalam mengikuti tes TOEFL.

Ø Lakukan persiapan sebelum mengambil tes TOEFL
Ø Silahkan anda melihat hasil TOEFL secara online 15 hari setelah Anda mengikuti tes.
Ø Laporan nilai Anda memberitahu tentang bagaimana meningkatkan keterampilan Anda.
Ø ETS juga akan mengirimkan laporan tertulis hasil skor anda.

 

http://forum.kompas.com/sekolah-pendidikan/35706-penjelasan-singkat-tentang-toefl%3B-ielts%3B-sat%3B-gre%3B-gmat.html

http://sunarnie.blogspot.com/2012/04/sejarah-dan-tujuan-toefl-di-indonesia.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s