ber- Email yang baik

Standard

email bukanlah hal yang aneh lagi bagi masyarakat, bahkan sebagian individu menggunakan amail sebagai kebutuhan sehari-hari. demikian diperkantoran, email sudah merupakan kebutuhan yang tidak bisa dihindari, baik sebagai sarana berkirim surat ataupun untuk melakukan koordinasi per departemen.

email merupakan singkatan dari electronok mail yang berarti surat menyurat dalam internet. email digunakan antara lain karena mudah dikirim dan mudah sampai. dalam menulis email kita harus berhati-hati, mengingat jangkauan email sangat luas.

dalam menggunakan fasilitas email, kita harus mengenal terlebih dahulu siapa pemiliknya. apa bila email itu pemiliknya adalah perusahaan, sebaiknya digunakan untuk urusan perusahaan. berikut adalah penggunaan email yang benar;

gunakan bahasa yang singkat padat dan jelas

sebaiknya menggunakan emain dengan bahasa yang tidak terlalu panjang atau bertele-tele. seperti melecehkan, mengandung makna issu, tidak sesuai fakta.

dianjurkan tidak menggunakan huruf kapital untuk semua kata-kata dalam penulisa email

anda boleh saja men forward dengan memberikan note tmbahan, namun ana tidak diperkenankan mengubah atau mengedit sedikitpun muatan isi dari email kecuali kalau anda sudah mendapatkan izin dari pengirim email terdahulu.

gunakan email bila deperlukan saja

anda harus bisa memilah mana informasi yang pantas untuk diberikan melalui email atau srana informasi lainnya. karena salah-salah oang yang menerima salah persepsi atau kurang sopan.

jangan mengirim email berantai (chain letter) atau email sampah

hal ini dilakukan mengingat email berantai lebih banyak berisi virus/trojan ataupun memuat informasi yang kebenaranya masih diragukan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s