BIdang-Bidang Manajemen

Standard

1.       Manajemen produksi

Manajemen produksi merupakan salah satu bagian dari bidang manajemen yang mempunyai peran dalam mengoordinasi kan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan.

Aspek-aspek manajemen produksi meliputi ;

  • Perencana produksi

bertujuan agar dilakukanya persiapan yang sistematis bagi produksi yang akan dijalankan. Keputusan yang harus dihadapi dalam perencanaan produksi:

a.       Jenis barang yang diproduksi

b.      Kualitas barang

c.       Jumlah barang

d.      Bahan baku

  • Pengendalian produksi

Bartujuan agar mencapai hasil yang maksimal demi biaya seoptimal mungkin. Adapun kegiatan yang dilakukan antara lain :

a.       Menyusun perencanaan

b.      Membuat penjadwalan kerja

c.       Menentukan kepada siapa barang akan dipasarkan.

  • Pengawaan produksi

Bertujuan agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan sesuai dengan rencana. Kegiatanya meliputi :

a.       Menetapkan kualits

b.      Menetapkan standar barang

c.       Pelaksanaan prouksi yang tepat waktu

2.          Manajemen Pemasaran

Suatau rencana kegiatan yang akan dilakukan oleh manajer pemasaran, perencanaan ini meliputi  perencanaan harga, menentukan harga, promosi dan disribusi yang bertujuan meningkatkan volume penjualan. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah :

  • Mengidentifkasi dan merencanakan produk barang yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen
  • Menentukan harga barang
  • Menentukan promosi yang palina efektif
  • Menentukan cara yang paling efektif untuk memproduksi barang.

a.       Kegiatan inti pemasaran:

1.       Produk, menentukan kebijakan dalam perencanaan, pengolahan, dan pengembangan produk

2.       Harga, menentukan harga dasar dari barang.

3.       Promosi, alat yang digunakan untuk memperkenalkan prduk kepada konsumen.

4.       Penempatkan, memilih perantara yang akan digunakan dalam distribusi.

b.      Fungsi pemasaran :

1.       Penjualan

2.       Pembelian

3.       Pengangkutan

4.       Pembelanjaan

5.       Pertanggungan risiko

6.       Standarisasi dan grading

7.       Informasi pasar

c.       Kegiatan manajemen pemasaran

1.       Riset pasar

2.       Segmentasi pasar

3.       Promosi hasil produksi

3.       Manajemen Keuangan

Merupakan manajemen yang mentik beratkan kegiatanya dalam membatu perusahaan untuk memaksimalkan keuntungan jangka panjang. Manajemen keuangan berhubungan erat dengan penggunaan dan aperusahaan yang berasal dari pemilik perusahaan.

Sumber dana intern dapat diperoleh dari laba yang ditahan dan akumulasi penyusutan aktiva. Sumber ekstern diperoleh dari kreditur bank,kreditur bukan bank dan pasar modal.

Oleh sebab itu, pengolahan dana peril mendapatkan perhatian agar alam pengalokasian dana dapat ilakukan secara efisien dan efektif.

4.       Manajemen Personalia

Manajemen yang mengkhususkan perhatianya pada factor produksi tenaga kerja di dalam suatu organisasi, sehingga tujuan organisasi tercapai. Kegiatan menajemen personalia antara lain :

  • Pengadaan pegawai
  • Pemilihan tenaga kerja
  • Melakukan seleksi pegawai
  • Melakukan pelatihan dan pendidikan
  • Menyediakan fsailitas pegawai
  • Memotivasi pegawai

5.       Manajemen Administrasi

Memberikan informasi layanan bidang administrasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efektif dan memberi dampak kelancaran pada bidang yang lain. Adapun kegiatan dalam manajemen administrasi antara lain :

  • Mengadministrasikan seluruh kegiatan
  • Menginvestasikan peralatan kantor
  • Menyediakan informasi
  • Melakukan pengarsipan.
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s